HIMAPRO AKASIA Gelar Seminar dan Olimpiade Akuntansi

“Kebanyakan mahasiswa akuntansi tidak mengetahui akan dibawa kemana gelar SE (Sarjana Ekonomi) nya nanti, maka dari itu tujuan dari mengadakan seminar agar mahasiswa akuntansi memiliki gambaran dunia kerja yang akan mereka hadapi dengan membawa gelar akuntansi dengan harapan mahasiswa mengerti profesi apa saja yang sesuai dengan jurusan (program studi) mereka,” ujar Dery Santoso selaku Ketua Pelaksana.

92
HIMAPRO AKASIA STIE ASIA Sukses Gelar Seminar dan Olimpiade Akuntansi
Dewan juri foto bersama Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Harapan Olimpiade Akuntansi STIE Asia Malang tingkat SMA/SMK Se-Jawa Timur, Sabtu (02/04/16). FOTO: Dokumentasi Akasia

LPM-API.ORG, MALANG Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi STIE ASIA Malang (Himapro Akasia) sukses menyelenggarakan Seminar Akuntansi yang bertemakan “Profesi Akuntansi dan Etika dalam Profesi Akuntansi” dengan pemateri Ubaidillah, S.E., Ak., S.A.S., CA., CPAI., dan Babak Final Olimpiade Akuntansi Online SMA/SMK Se-Jawa Timur.

Acara diselenggarakan pada Sabtu, (02/04/16) pukul 08.30-11.30 bertempat di ruang Harvard Perguruan Tinggi Asia Malang. Acara ini bertujuan sebagai media edukasi dalam mendukung dan meningkatkan kompetensi generasi muda dan memberikan tambahan ilmu bagi mahasiswa setelah lulus kuliah untuk mencapai kesuksesan masa depan.

Dalam seminarnya, Ubaidillah juga mengatakan bahwa profesi akuntansi bukan hanya sebagai akuntan, tetapi seorang yang belajar akuntansi juga bisa menjadi leader (pemimpin).

“Kebanyakan mahasiswa akuntansi tidak mengetahui akan dibawa kemana gelar SE (Sarjana Ekonomi) nya nanti, maka dari itu tujuan dari mengadakan seminar agar mahasiswa akuntansi memiliki gambaran dunia kerja yang akan mereka hadapi dengan membawa gelar akuntansi dengan harapan mahasiswa mengerti profesi apa saja yang sesuai dengan jurusan (program studi) mereka,” ujar Dery Santoso, Ketua Pelaksana.

HIMAPRO AKASIA STIE ASIA Sukses Gelar Seminar dan Olimpiade Akuntansi2
Pemaparan materi oleh Ubaidillah, S.E., Ak., S.A.S., CA., CPAI., bertempat di Ruang Harvard Perguruan Tinggi Asia Malang, Sabtu (02/04). FOTO: Dokumentasi Akasia

Usai seminar, bertempat di ruang Salesmanship pukul 13.00 dilanjutkan dengan Babak Final Olimpiade Akuntansi Akuntansi Online SMA/SMK Se-Jawa Timur. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan bakat dan kualitas anak bangsa yang berkompeten dalam bidang Akuntansi.

Acara ini berjalan sukses, terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti Olimpiade Akuntansi ini. Pada babak penyisihan pada 28-29 Maret lalu, peserta mengerjakan soal akuntansi secara online melalui website Akasia. Apabila lolos, peserta kemudian dikirim ke Perguruan Tinggi Asia untuk melakukan tahap berikutnya.

Pada babak semi final, peserta diuji kembali sebagai penentu lolos ke babak final. Dari 15 tim yang diterima hanya 4 tim. Berbeda dengan babak penyisihan dan babak semi final yang menggunakan sistem online, pada babak final peserta melakukan tanya jawab dan berargumen di hadapan dewan juri yaitu Dwiyani Sudaryanti, S.E., M.Si., Syaiful Bahri, S.E., M.S.A., dan Amelia Ika Pratiwi, S.E., Ak., M.S.A. Setelah melalui proses yang panjang dan persaingan yang ketat, SMKN 1 Malang berhasil memborong piala untuk juara 1, 2, 3, dan harapan.

“Harapannya, saya bisa memberikan nama baik sekolah dan menambah wawasan pengalaman lebih luas di masa depan,” ujar Tuci Diana dari SMKN 1 Malang.

Penulis: Listianingsih
Editor: Diana Sofah