Buku Konvensional vs Buku Digital

Buku konvensional atau buku digital? Bijaklah memilih buku yang akan dibaca!

631
Tak Lagi Berkutu (?)
Gambar Ilustrasi

Buku konvensional dapat diartikan sebagai kumpulan kertas yang berisi informasi, sedangkan digitalisasi adalah proses alih media dari cetak, audio, maupun vidio menjadi bentuk digital. Proses digitalisasi memudahkan membawa berbagai obyek dengan mudah.

“Sebagai seorang TI, buku konvensional agak tergantikan dengan e-book, kecuali kalau skripsi karena jika saat skripsi daftar pustaka tidak diperbolehkan mencantumkan halaman web apalagi jika itu situs tersebut tidak resmi, sedangkan untuk sumber informasi buku konvensional terlalu ribet kalau harus membuka buku,” tutur Rendy, mahasiswa Program Studi TI. Hal lain disampaikan oleh Dwi Fajar, mahasiswa Program Studi Akuntansi ini berpendapat jika buku digital praktis dan tidak memerlukan banyak ruang. Selain itu, menurutnya minat baca masyarakat dan maraknya gadget turut mempengaruhi beralihnya buku konvensional ke digital.

Pendapat berbeda disampaikan Khudori, salah seorang guru SMK. “Mereka (siswa) lebih memilih buku konvensional dalam pembelajarannya karena biasanya seorang guru memberikan materi dan soal berdasarkan pada buku yang sudah ditunjuk dan buku digital sebagai referensi tetapi tidak dipungkiri kalau buku digital juga bermanfaat bagi siswa karena mereka bisa mendapatkan informasi yang lebih luas,” terangnya.

Tanggapan lain disampaikan oleh Arifin, salah seorang wiraswasta “Buku digital memiliki informasi yang lebih luas dan mudah untuk diakses dimana saja, bukan berarti buku konvensional memiliki informasi yang sempit, karena untuk seorang wiraswasta mereka membutuhkan informasi yang cepat dan terbaru untuk usahanya,” ungkapnya.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa buku digital lebih diminati oleh masyarakat dibandingkan buku konvensional dikarenakan lebih praktis. Dari segi harga, buku konvensional lebih mahal dibandingkan buku digital. Dari segi keakuratan, buku konvensional masih jadi pilihan utama. Oleh karena itu, apapun buku yang dipilih, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan dan bijaklah memilih buku yang akan dibaca.

Penulis: Desi Nurul Aeni
Editor: Diana Sofah