Galeri Investasi BEI dengan Transaksi Terbesar Ada di STIE Asia

Galeri investasi BEI STIE Asia pernah meraih prestasi yaitu transaksi terbesar No.1 antar galeri investasi secara nasional sepanjang tahun 2014.

115
Galeri Investasi BEI dengan Transaksi Terbesar Ada di STIE Asia
Galeri Investasi BEI yang terletak di lantai 2 kampus pusat Perguruan Tinggi Asia, Senin (20/06/2016). FOTO: dk1895

LPM-API.ORG – Galeri Investasi BEI STIE Asia merupakan kerjasama pihak kampus dengan IDX (Indonesia Stock Exchange) sebagai regulator dan UOB (United Overseas Bank) sebagai media yang memberikan informasi dan sistem pasar modal. Dengan modal Rp. 100.000,- mahasiswa bisa membeli saham perusahaan yang terdaftar dalam IDX, baik itu saham syariah maupun konvensional. Broker akan memfasilitasi dengan memberikan informasi pilihan dan pergerakan saham. Untuk keputusan jual beli saham mutlak hak investor, sehingga tidak perlu repot untuk terus mengecek pergerakan saham yang ada di IDX.

“Saat ini sudah ±30 orang mahasiswa yang berinvestasi disini, lebih banyak bila dibandingkan dengan dosen,” kata Putri Ayu Erikusuma Wardhani, pihak broker saat ditemui, Senin (20/06/2016). Galeri investasi BEI STIE Asia pernah meraih prestasi yaitu transaksi terbesar No.1 antar galeri investasi secara nasional sepanjang tahun 2014. Gelar ini diberikan dan dinilai sendiri oleh pihak IDX.

Pihak Galeri Investasi BEI STIE Asia juga gencar dalam melakukan sosialisasi mengenai saham, seperti seminar yang diadakan tanggal 28 Mei lalu di Kampus Pusat. Dalam seminar tersebut pihak IDX turut menjadi pemateri. Selain itu, mulai tahun ini semester 4 prodi Manajemen mendapat praktek cara berinvestasi secara langsung di Bursa Efek dan pemberian teori pasar modal secara khusus. Praktek diberikan setelah UTS saat mahasiswa menempuh mata kuliah Manajemen Invetasi & Portofolio.

Galeri Investasi BEI dengan Transaksi Terbesar Ada di STIE Asia

Untuk mulai berinvestasi, mahasiswa harus mengisi Formulir Pembukaan Rekening (FPR) dengan syarat fotokopi KTM, KTP, cover buku tabungan dan surat jaminan dari orang tua. Selanjutnya broker mengajukan ke kantor pusat untuk dibukakan kode klien dan kelengkapan investasi lainnya. Oleh broker juga nasabah akan dibuatkan soft rekening, yaitu sebuah rekening terpisah dari rekening tabungan yang dikhususkan untuk aktivitas investasi saja (jual beli saham). Setelah itu, barulah mahasiswa bisa memulai berinvestasi dengan rekeningnya sendiri.

“Kadang-kadang mahasiswa/i Asia kurang aware, mungkin karena beda kampus (STIE sering di Kampus 2). Banyak yang bertanya bursa (Galeri Investasi BEI STIE Asia) itu di sebelah mana ya?,” tambah Putri. Untuk itu, Putri mengajak mahasiswa Asia yang tertarik dan ingin berinvestasi agar datang langsung ke Laboratorium Bursa Efek yang ada di lantai 2 Kampus Pusat Perti Asia. Mahasiswa juga bisa mendapatkan informasi dan konsultasi seputar saham. Galeri Investasi BEI STIE Asia buka setiap Senin-Jumat pukul 09.00-16.00.

Penulis: Mahardika
Editor: Diana Sofah