Liga Akuntansi Asia

117
Kompak-para peserta accounting competition of asia sedang bersiap menghadapi (seleksi tahap kedua) yang diselenggarakan pada sabtu, (24/11). Foto : Hadi/API

Malang, API – Mahasiswa Program Studi Akuntansi Asia (AKASIA) kembali menyelenggarakan Accounting Competition Of Asia (ACA) untuk ketiga kalinya  pada hari Sabtu (24/11) yang berlokasi di kampus pusat STMIK – STIE Asia Malang. Olimpiade ini diselenggarakan pada tingkat Jawa Timur dengan sasaran peserta SMA dan SMK. Menurut pemaparan Fadila Cahya Ningtias selaku Pembina Himapro Akasia latar belakang  dari penyelenggaraan ACA yaitu untuk mengukur kemampuan  siswa dibidang akuntansi dan memperkenalkan Perguruan Tinggi  Asia. Berbeda dengan tahun sebelumnya ACA kali ini menjalin kerjasama dengan IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) untuk pengadaan piala bergilir. Accounting Competition Of Asia tahun ini mengusung tema Tantang Kemampuanmu di Bidang Akuntansi yang diikuti oleh 223 tim.

Deya Murti selaku ketua pelaksana ACA menjelaskan persiapan acara sudah dimulai sejak liburan semester genap yakni dari akhir bulan Agustus sampai bulan November. ACA terdiri dari dua babak yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan secara online pada tanggal 17 November 2018 sedangkan babak semi final sekaligus final diselenggarakan tanggal 24 November secara langsung. Peserta olimpiade akan disuguhkan dengan soal pilihan ganda dan esai yang akan dibedakan menjadi dua kategori soal yaitu soal untuk SMA dan soal untuk SMK.  “Antusiasme peserta tahun ini sangat meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya tahun ini ada beasiswa yang menjadi penyemangat para peserta untuk ikut olimpiade ini”, tambah Deya. Pemenang lomba akan dibedakan menjadi dua kategori yaitu pemenang dari SMA dan SMK.

Fadila Cahya Ningtias menambahkan banyak keuntungan yang diperoleh oleh peserta olimpiade diantaranya peserta dapat mengukur kemampuannya dibidang akuntansi, mendapatkan sertifikat, beasiswa dan hadiah tunai. “Juara satu, dua, tiga mendapatkan sertifikat, beasiswa, tropi dan uang tunai khusus untuk juara 1 ada piala bergilir. Potongan beasiswa juara satu sebesar 100%, juara dua sebesar 75%, juara tiga 50%,” imbuhnya saat ditemui di lobby kampus pusat STMIK-STIE Asia.

Sementara itu kritik juga disampaikan oleh peserta olimpiade mengenai durasi pengumuman hasil olimpiade seperti yang diungkapkan oleh Nadiya Adisti siswi dari SMK Negeri 1 Nglegok, Blitar.”katanya tadi nunggu pengumumannya cuma 15 menit ternyata sampek 1 jam seharusnya jika agak lambat juga dikasih tau,” katanya. (Sarah/API)