‘Pekan Desain’ Ajang Apresiasi Karya Mahasiswa ASIA

92
“Pekan Desain” Ajang Apresiasi Karya Mahasiswa ASIA
Suasana lantai 3 kampus pusat Perguruan Tinggi Asia Malang, Rabu (09/02/16) pada saat awal pameran "Pekan Desain". FOTO: Rosandi Hafi Sadikin

LPM-API.ORG, MALANG – Pameran UAS bertajuk Pekan Desain yang diselenggarakan pada 9-16 Pebruari 2016, memberikan suasana baru di lantai 3 kampus pusat Perguruan Tinggi Asia Malang. Pameran tersebut digagas oleh empat dosen, yaitu Nira Rusanti, S.Pd., M.Sn., Elfa Olivia Verdiana, S.Pd., M.A., Handry Rochmad Dwi Happy, S.Sn., M.Sn., dan Faldhi Hendrawan, S.Pd., M.A.

Berbagai karya mahasiswa Teknik Informatika-Desain Grafis (TI-DG) semester 1, 3, & 5, mewarnai aktivitas perkuliahan di Perguruan Tinggi Asia Malang. Menariknya, mahasiswa program studi Teknik Informatika (TI) murni semester 1, juga turut memamerkan karyanya dalam mendesain poster, Kamis (10/02/16).

Pak Handry (28), selaku dosen mata kuliah komputer desain berpendapat bahwa pameran itu sangat penting sebagai eksistensi mahasiswa dalam berkarya. “Mumpung mereka mendapatkan mata kuliah komputer desain, kenapa gak dipamerin. Ya walaupun tidak dipungkiri hasil karya mereka sedikit di bawah mahasiswa desain grafis, dan saya harap semua orang dapat menikmati karya mereka,” ujarnya, Kamis (10/02/16).

Pihak dosen mengaku sudah merencanakan pameran ini sejak awal perkuliahan semester ganjil. Untuk persiapan pameran, Bu Elfa selaku dosen mata kuliah komputer grafis, mengatakan bahwa sebelumnya hanya terkendala kurangnya sketsel. “Tapi setelah itu sudah kita tambahkan,” ujarnya.

Pekan Desain Ajang Apresiasi Karya Mahasiswa ASIA
Pertama kalinya diadakan pameran Pekan Desain di kampus pusat Perguruan Tinggi Asia Malang. FOTO: Rosandi Hafi Sadikin

Dari pameran tersebut, ada empat mata kuliah yang menghasilkan karya mahasiswa program studi Teknik Informatika-Desain Grafis (TI-DG) yang dipamerkan. Diantaranya, komputer grafis semester I, ilustrasi semester III, serta mata kuliah desain komunikasi visual (DKV) & tipografi semester V.

Diawali dari pameran komputer grafis Rabu (09/02/16), komputer desain Kamis (10/02/16), desain komunikasi visual (DKV) & tipografi Jumat (11/02/16), hingga ilustrasi Selasa (16/02/16). Pak Handry menuturkan salah satu kendala untuk melangsungkan pameran di luar kampus adalah belum siapnya para dosen dalam merangkul mahasiswa untuk melangsungkan pameran di luar.

“Jadi, kita coba pameran di kampus dulu melihat reaksi mahasiswa. Kalau misal responnya positif, mungkin kedepannya akan diadakan pameran di luar kampus,” ujar dosen asal Malang tersebut.

Mengenai pertama kalinya diselenggarakan pameran desain, ia juga berpendapat bahwa setiap dosen mempunyai metode pengajaran yang berbeda-beda. “Kebetulan saya dan teman-teman itu kan emang orang seni, jadi saya merasa kalau karya harus dipamerkan,” imbuhnya.

Tanggapan positif juga diungkapkan oleh Muhammad Iqbal (24) mahasiswa desain grafis asal Maluku. “Kan untuk jurusan desain (TI) kita masih akreditasi C. Jadi menurut saya untuk awal, pameran ini bagus. Yang bertujuan untuk lebih mengenalkan kampus,” ujarnya saat berada di warung kopi depan kampus Asia, Selasa (16/02/16).

Harapan lain turut disampaikan oleh Pak Faldhi, agar kedepannya rutin diadakan pameran di setiap akhir mata kuliah praktek. “Dan juga koordinasi yang lebih matang, agar selanjutnya dapat menggelar pameran di luar kampus,” ujar dosen mata kuliah ilustrasi tersebut.

Penulis: Rosandi Hafi Sadikin
Editor: Diana Sofah