PKKMB ‘Gesit’ Perguruan Tinggi Asia

79
Kendaraan TNI
Kedatangan personil TNI saat menjemput peserta PKKMB menuju Pusdik Arhanud Karangploso, Kamis (28/09) pagi. Menurut panitia pelaksana (kemahasiswaan), pengenalan kehidupan kampus tahun ini bertujuan untuk meninggalkan stereotip mengenai penyiksaan fisik ataupun mental kepada mahasiswa baru. (foto: sandi/API)

Konsep kegiatan PKKMB tahun ini merupakan perubahan sistem maupun metode lain dari sebelumnya yang digunakan oleh Perguruan Tinggi Asia dalam memperkenalkan suasana dan kehidupan kampus. Pihak koordinator menjelaskan, hal tersebut berawal dari mandat Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui surat edaran nomor 468/B/SE/2017 tentang PKKMB yaitu kesadaran bela negara dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus sesuai landasan UU nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.

Murtianingsih (Pembantu Ketua III), selaku ketua koordinator PKKMB berharap bahwa mahasiswa baru ini memiliki karakter yang baik, memiliki kecintaan terhadap negara, anti radikalisme, sehingga secara komprehensif hal tersebut akan ditunjukkan dalam kegiatan setiap hari selama masa perkuliahan di Kampus Asia sesuai dengan tagline yaitu Generasi Cerdas dan Kreatif (Gesit).

“Saya fikir capaiannya sama ya, diadakan outdoor atau di lingkungan kampus. Semua mahasiswa baru diberikan kesempatan yang sama rata untuk menampilkan atau menunjukkan aspek kerjasama hingga kekompakan dari masing-masing kelompok,” ujar Bu Aniing saat ditemui di ruang eksekutif, Sabtu (30/9/2017).

Dengan fasilitas antar jemput kendaraan angkut personil TNI-AD, mahasiswa baru Kampus Asia menerima materi mengenai wawasan kebangsaan bela negara, ancaman proxy war, serta pengetahuan penanggulangan narkotika dan psikotropika dari BNN Kota Batu yang bertempat  di Pusdik Arhanud Karangploso.

Kalender pendidikan di Indonesia tengah memasuki awal tahun ajaran baru untuk bangku perkuliahan. Masa inilah perguruan tinggi negeri maupun swasta mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Ratusan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Asia, mengikuti apel pembukaan PKKMB di halaman Kampus I, Rabu (27/9/2017) sore. “Kegiatan PKKMB ini diselenggarakan selama 3 hari dimana hari ini adalah Pra PKKMB. Sedangkan kegiatan PKKMB sebenarnya dimulai tanggal 28 September 2017 hingga 30 September 2017,” ungkap Hero Setiano Pamungkas (Presiden BEM periode 2017/2018), selaku pendamping mahasiswa baru dalam kegiatan PKKMB tahun ini.

Penulis: Euis Hanifah