Study Excursie MCA 2016 “Enjoy Your Trip Enjoy Your Education For The Real Work”

67
Study Excursie MCA 2016 “Enjoy Your Trip Enjoy Your Education For The Real Work”

LPM-API.ORG, Pasuruan – Sebanyak 100 mahasiswa kampus Asia Malang mengunjungi Kabupaten Pasuruan dalam rangka Study Excursie, Kamis (14/04/2016). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himapro Manajemen atau yang biasa dikenal dengan MCA (Management Community of Asia), dipimpin oleh Ketua Pelaksana Muhammad An Nur, dan Ketua Umum MCA Eduwardus Eko Setyo Budi Wicaksono. Selain itu, Zainul Muchlas, SE, MM dan Dr. Ike Kusdyah Rachmawati, SE, MM turut mendampingi peserta. Rombongan Study Excursie mengujungi tiga tempat sekaligus yaitu Bakpao Telo, Wisata Tas Rajut “Kaboki”, dan PT Amerta Indah Otsuka (Pocari Sweat).

“Tujuan dari kegiatan Study Excursie ini adalah untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa tentang dunia bisnis. Kita bisa lihat mulai dari jumlah karyawan yang bekerja, cara kerja yang efektif dan efisien, sistem produksi, hingga pemasaran produk. Ini merupakan contoh bahwa di dunia bisnis dan wirausaha memang nggak gampang. Kita butuh passion,” ungkap Eduwardus.

Study Excursie MCA 2016 “Enjoy Your Trip Enjoy Your Education For The Real Work”
Foto bersama dengan seluruh peserta Study Excursie sebelum meninggalkan rumah produksi Bakpao Telo “Waroeng Daoen”. FOTO: Dok. MCA

Rombongan dijadwalkan sampai di tempat pemasaran Bakpao Telo, Purwodadi, Pasuruan pukul 08:30 WIB. Sampai disana, peserta dapat berbelanja dan melihat berbagai macam produk yang ditawarkan. Selain itu, peserta juga mengunjungi tempat produksi Bakpao Telo “Waroeng Daoen” yang berlokasi di Desa Parelegi, Purwodadi, Pasuruan. Selanjutnya rombongan langsung bertolak menuju Wisata Tas Rajut “Kaboki” yang berlokasi di Desa Lecari, Sukorejo, Pasuruan. Di tempat tersebut peserta mengunjungi tempat pemasaran dan melihat langsung tempat proses produksi tas rajut. Selain itu, seluruh peserta, panitia serta dosen pendamping turut mendapatkan pelatihan khusus merajut.

Diakhir kunjungan, seluruh rombongan langsung menuju PT Amerta Indah Otsuka yang berada di Desa Pacar Keling, Kejayan, Pasuruan. Sampai disana, peserta menuju gedung 4 PT Amerta Indah Otsuka untuk diberikan sambutan dan briefing sebelum mendapatkan materi dan sesi tanya jawab mengenai produk. Selanjutnya, seluruh rombongan didampingi oleh Kepala QC Laboratorium Mikro Biologi, Budi Wicaksono Thamrin, ST melihat langsung proses produksi hingga pengemasan yang semua dijalankan otomatis oleh mesin. Menurut penuturan beliau, dengan adanya kunjungan industri ini para peserta telah mendapatkan edukasi tentang bagaimana sistem produksi yang modern dan cara menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi minuman yang dapat mengganti cairan tubuh. “Dilihat dari pertanyaan pada saat sesi tanya jawab, banyak keingintahuan dari peserta dan mereka aware (peduli) terhadap produk kita. Pertanyaan dari peserta pun menurut saya banyak yang bagus,” imbuhnya.

Kegiatan ini berjalan lancar tidak luput dari peran panitia yang terdiri dari 16 orang dalam mensukseksan acara. Menurut penuturan Muhammad An Nur  selaku Ketua Pelaksana Study Excursie, dari Himapro MCA merencanakan bahwa acara tersebut menjadi proker (program kerja) rutin disetiap tahun. “Alhamdulillah nggak ada kendala yang berarti selama acara berlangsung. Semuanya berjalan dengan lancar,” ungkapnya. Sebelum pemberangkatan, rombongan peserta mendapatkan sambutan dari Ketua Pelaksana Muhammad An Nur, Ketua Umum MCA Eduwardus Eko Setyo Budi Wicaksono, serta dosen pendamping di halaman depan Kampus Pusat Asia Malang, Kamis (14/04/2016) pagi.

Penulis: Rosandi Hafi